Fisika Kuantum?

Posted by Farell Faiz Firmansyah on
Image result for fisika kuantum


Fisika kuantum adalah cabang ilmu fisika yang cenderung baru. Fisika kuantum berurusan dengan ukuran skala atomik dan bahkan subatomik untuk mempelajari karakteristik atau sifat dari suatu partikel. "Salah satu cabang ilmu tersulit dalam fisika," ujar orang-orang yang telah mempelajari fisika kuantum. Bahkan seorang Richard Feynmann, legenda dari dunia fisika kuantum mengatakan bahwa, "jika kamu pikir kamu mengerti fisika kuantum, maka kamu tidak mengerti fisika kuantum".

Akhir-akhir ini pembahasan tentang fisika kuantum sedang hangat diperbincangkan sebab banyak film-film sains fiksi yang membahas dan mengaitkannnya dengan fisika kuantum seperti dalam film-film Marvel dan lain-lain. Saking dahsyatnya kajian tentang fisika kuantum yang menjelaskan segala keteraturan yang ada di alam semesta ini mulai dari hal yang sangat kecil hingga dapat dikatikan dengan fenomena tentang waktu yang dicetuskan oleh Albert Einstein dalam teori relativitas yang akan membuatmu merinding akan keteraturan dan misteri yang disembunyikan oleh Tuhan di dunia yang satu per satu mulai terungkap.

Image result for lintasan gerak

Pada fisika klasik, kita harus meninggalkan konsep klasik yang sudah kita terima berabad-abad lamanya. Dalam fisika klasik, suatu benda memiliki lintasan gerak yang pasti. Pada waktu tertentu atau  detik ke-sekian suatu benda bergerak dapat diketahui posisi benda tersebut ada di mana, kecepatan dan percepatannya berapa, ketinggian, akan berhenti kapan, ketinggian, dan hal lain yang berkaitan.

Related image

Dalam fisika kuantum, benda tidak memiliki lintasan gerak yang pasti, lintasan gerak tersebut bahkan dapat berjuta-juta banyaknya! Akibatnya, diperlukan konsep matematika yang lebih rumit untuk menjelaskan fenomena dalam ranah kuantum.

Jadi, fisika kuantum merupakan salah satu cabang tersulit dalam ilmu fisika yang membahas fenomena atomik dan akhir-akhir ini banyak diperbincangkan kembali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar