Orientasi Pemimpin

Posted by Farell Faiz Firmansyah on
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya kita dapat berkumpul di tempat ini pada momen yang spesial ini. Shalawat serta salam smoga tercurahlimpahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad saw.

Rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan.

Orientasi yang harus dimiliki seorang pemimpin secara garis besar dibagi menjadi dua. Orientasi inilah yang pada akhirnya akan memengaruhi bagaimana seseorang dalam memimpin dan mengemban suatu amanah. Orientasi tersebut adalah hasil atau berorientasi pada hasil dan manusia atau berorientasi pada manusia.

Berorientasi kepada hasil memang merupakan suatu hal yang sangat penting dan mendasar bagi setiap orang, terutama bagi seorang pemimpin. Namun, alangkah baiknya pada pelaksanaannya orientasi tersebut disimpan untuk diri kita dan bawahan kita pada tingkat akhir. Yang lebih penting adalah berorientasi kepada manusia. Bagaimana seorang anggota dapat dihargai eksistensinya, dihargai kerja kerasnya, terfasilitasi dalam mengerjakan tugasnya, serta ia bangga menjadi bagian daripada suatu kelompok atau suatu organisasi. Jika orientasi terhadap manusia tersebut sudah tercapai, otomatis hasilnya pun akan berbanding lurus dengan apa yang telah terjadi.

Rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan.

Jadi, saya tekankan kembali, di sini kita semua adalah keluarga. Secara vertikal mungkin kita terbagi menjadi ketua, wakil ketua, koordinator, dan anggota biasa. Namun, secara horizontal kita tetaplah manusia yang diberi kesempatan lebih untuk melakukan perubahan yang nyata terhadap lingkungan kita. Saya harap semuanya dapat merasa nyaman berada di organisasi ini dan pada akhirnya semua kerja keras kita terbayarkan dengan senyuman dan rasa bangga.

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar