Resume Buku Fiksi

Posted by Farell Faiz Firmansyah on
Mendayung Impian
 
 
 
Tevano Aliandra Putra adalah seorang anak pengusaha di daerah Kudus yang memiliki impian menjadi seorang guru. Ayahnya melarangnya menjadi guru dan menyuruhnya untuk melanjutkan bisnis yang telah dijalankan ayahnya. Vano lalu memutuskan untuk kabur dari rumahnya dan sampailah dia di Maliau. Dia bertemu pak Sahat dan meminta bantuannya untuk bisa mengajar di SD Mini Penggerak di Meliau. Vano berhasil menjadi seorang guru disana dengan murid yang tidak terlalu banyak, dia merasa sangat senang bisa mengajar mereka.
 
Suatu hari Lestari yang juga mengajar di SD Mini Penggerak mengajarkan membaca puisi untuk suatu perlombaan dengan bujukan Vano. Mereka pun bisa mendapatkan juara walau bukan juara pertama. Setelah beberapa waktu Vano menjadi guru di Meliau orang tuanya berhasil menemukan Vano dengan bantuan Widya temannya saat di perjalanan menuju Meliau. Impian Vano berhenti sampai disini dan dia akan meuruti papanya untuk melanjutkan bisnis keluarganya.
 
Semua cerita dan kisah yang dilalui Vano sebenarnya penuh dengan perjuangan dan air mata mengingat Vano merupakan seorang anak yang manja pada masa kecilnya. Karakter tersebut terbawa sampai ia dewasa dan ia pun berusaha untuk hidup mandiri dan bekerja keras demi selamatnya ia dari paksaan keluarga dan keinginannya untuk mengejar impian menjadi seorang guru.
 
  1. Bagaimana judul atau tema yang dikembangkan? Apakah ada keunikan?  Judul dan tema yang dikembangkan sangat menarik dan menjadi citra yang baik untuk mewakili isi dari novel atau buku fiksi ini. Tema yang dibawa dari novel ini yaitu perjuangan.
  2. Bagaimana pengarang mengembangkan latar cerita? Pengarang mengembangkan latar cerita dengan mendeskripsikan latar seperti tempat, waktu, dan suasana melalui narasi yang ada di dalam novel.
  3. Bagaimana pengarang mengembangkan tokoh dan watak tokoh? Pengarang mengembangkan tokoh dan wataknya melalui perilaku yang diceritakan dalam novel tersebut dan juga melalui dialog antartokoh.
  4. Bagaimana pilihan kata yang digunakan pengarang?Pilihan kata yang digunakan pengarang cukup variatif dan juga muncul kata dan istilah tentang kependidikan yang baru saya ketahui.
  5. Apakah kalimat-kalimat yang digunakan pengarang memiliki keunikan dan kekuatan membangun cerita?
    Pengarang memiliki keunikan dan kekuatan dalam membangun ceritanya sampai saya pun tergerak keinginannya jika sudah besar nanti saya akan mengabdikan diri saya untuk masyarakat dan negara. Pengarang juga punya keunikan untuk menyentuh empati pembaca saat membaca novel ini.

  6. Tokoh mana yang paling kamu sukai? Tuliskan alasannya! Tokoh yang paling saya sukai yaitu tokoh utama, Vano. Vano memiliki prinsip yang kuat di dalam hidupnya walaupun pada akhirnya ia harus mengikuti kata orang tuanya. Tapi setidaknya, ia sudah berani untuk tetap kabur ke pelosok mengajari anak-anak di sana dengan teknologi dan budaya yang berbeda dari kota yang mengharuskan Vano untuk beradaptasi selama beberapa bulan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar